6 Jun 2016

Pundi Berkah Rupiah Ramadhan

Image source : www.ramadhan.fm
Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat beragama Islam dimanapun ia berada, karena menurut kepercayaan, Bulan Ramadhan merupakan bulan terbaik disetiap tahun karena banyaknya berkah yang dilimpahkan Tuhan di bulan tersebut. Tahun 2016 ini, Bulan Ramadhan tetap semarak seperti tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari ratusan bahkan ribuan umat yang sudah mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing, atau sekumpulan anak-anak kecil di kampung, yang setiap pulang tarawih, dengan senang hati bermain kembang api beramai-ramai. Serba-serbi Bulan Ramadhan tersebut seakan telah membudaya di negeri kita, tak pelak dalam aspek perekonomian, yang juga turut ambil bagian dalam budaya tersebut. Setiap tahun para penggiat usaha akan melakukan berbagai inovasi demi memenuhi selera pasar yang haus akan serba-serbi Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang juga penuh berkah sekaligus bulan penuh bahaya bagi penggiat usaha, dimana di bulan ini, para penggiat usaha sama-sama berkompetisi memberikan penyajian terbaiknya dengan topik Bulan Ramadhan. Mulai dari stasiun televisi, brand fashion, pedagang makanan, hingga penjual petasan akan memberikan special offer atas produk yang dijajakannya. Contoh kecil dari pengimplementasian hal tersebut dalam dunia pertelevisian adalah, maraknya program-program televisi musiman yang berbau religi. Pengemasan program-program tersebut-pun juga bisa dibilang menarik perhatian, mulai dari setting tempat hingga pemilihan announcer yang sangat diperhatikan. Bagaimana tidak? Latar suasana Masjid banyak menghiasi berbagai acara religi di televisi, mulai dari acara ceramah hingga acara traveling yang memberikan potret masjid ditiap-tiap scene-nya. Host-host tiap acara religi juga tak luput dari aksesori yang serba agamis, mereka yang biasa kita jumpai di televisi dengan keseharian tidak mengenakan busana muslim/muslimah misalnya, seketika di Bulan Ramadhan ia muncul di acara televisi dengan mengenakan busana muslim/muslimah, dengan tanpa maksud menjustifikasi ataupun seksis, para host perempuan lebih menonjolkan perbedaannya disini, mereka seakan berlomba-lomba dalam mengenakan hijab dengan model-model yang kian berkembang mengikuti tren.

Imbas dari media sangatlah mengena bagi sebagian besar pengadu nasib di bidang fashion, hal ini terlihat jelas dalam kehidupan sehari-hari kita di bulan penuh berkah ini. Brand-brand fashion berlomba-lomba menyajikan produk busana muslim/muslimah terbaiknya, mulai dari harga termurah hingga paling spektakuler, atau dari model paling biasa hingga ke model yang paling menakjubkan. Contoh kecilnya dapat kita lihat dari betapa bercoraknya busana muslim/muslimah yang menjamur di Bulan Ramadhan, atau betapa kian banyaknya model hijab yang sengaja pertama dipublikasikan oleh produsen tepat pada momen Bulan Ramadhan. Alhasil, demi meraih ketenaran nama perusahaan, cara marketing promotion mereka juga tak main-main, produsen-produsen fashion tak segan-segan untuk menggaet program-program religi spesial Ramadhan, ditiap stasiun televisi, meskipun harga dari penandatanganan kontrak kerjasama tersebut, terbilang bisa menghidupi hajat suatu kabupaten yang sedang berkembang. Implementasi nyata dari hasil kerjasama tersebut adalah dipakainya produk-produk busana dari pihak produsen oleh host-host acara religi. Bagi penulis, hal ini merupakan sebuah agenda musiman host-host pendompleng momen Ramadhan, yang memang telah mendarah daging ditubuh produksi acara televisi. Acara jalan-jalan masjid yang bertebaran ditiap stasiun televisi-pun tak luput dari agenda musiman ini. Media seakan mengatur pola pikir kita bahwa hanya di bulan penuh berkah ini saja kita menjadi lebih rajin dalam pengamalan ibadah ziarah masjid.

Penggiat usaha kuliner merupakan salah satu bagian dari perekonomian yang meraup banyak berkah di momen Bulan Ramadhan. Lihatlah saja betapa maraknya iklan minuman segar ataupun biskuit di televisi televisi nasional, hampir pada setiap iklan di semua stasiun televisi menanyangkan iklan yang sama dengan produk yang sama pula. Contoh paling nyata adalah iklan sirup, dimana media lagi-lagi seakan mengatur pola bahwa Bulan Ramadhan adalah momen yang identik dengan meminum sirup. Produsen minuman juga tak main-main dalam menanggapi momen penuh berkah ini. Mereka rela menggelontorkan dana yang banyak demi promosi besar-besaran di berbagai media. Mungkin para produsen minuman tersebut, merasa bahwa anggaran promosi mereka haruslah seimbang dengan anggaran amal ke yayasan-yayasan langganan CSR perusahaannya. Penggiat usaha kuliner dari kalangan produksi rumahan juga tak luput dari kesempatan penuh berkah ini. Bulan Ramadhan merupakan bulan yanng marak dengan para pedagang makanan dan minuman dadakan. Mereka menjual makanan dan minuman ‘khas’ Bulan Ramadhan, sebut saja kolak, es cincau, es blewah, serta kurma. Demi inovasi, mereka bereksperimen dengan mencampurkan bahan dasar yang mereka jual dengan bahan-bahan yang lain. Alhasil munculah beberapa produk kuliner inovatif seperti sup durian susu, dan kurma bakar keju.

Ramadhan memang bulan penuh berkah. Para pedagang kecil juga tak luput dari hak mendapatkan berkah ini, mereka memanfaatkan momen ini untuk menjual petasan dengan berbagai macam bentuk fisik dan bentuk ledakan. Bulan Ramadhan memang merupakan momen menyenangkan bagi anak-anak untuk menyalurkan kebahagiaannya lewat bermain petasan. Ramadhan penuh berkah, anak-anak senang, pedagang petasan punya uang untuk beli lauk sahur dan berbuka, produsen petasan-pun sangatlah berbahagia.

Gema Ramadhan terdengar dimanapun. Radio, televisi, dan para penjaja CD bajakan berlomba-lomba memutar lagu bertemakan religi. Disini tak bisa dipungkiri, para seniman musik juga sangat turut ambil bagian dalam pengambilan hak berkah Ramadhan. Bulan penuh berkah menjadi momen mereka untuk meluncurkan album-album baru mereka yang bertema religi ataupun Bulan Ramadhan itu sendiri. Para musisi yang awalnya mengangkat tema cinta ataupun isu sosial seakan bertaubat di Bulan Ramadhan, hal ini terlihat dari lirik demi lirik yang mereka gaungkan. Nuansa Islami begitu terasa pada tiap lirih liriknya. Mereka yang dalam durasi setahun biasa menggaungkan cinta sesama manusia, berbalik menggaungkan cinta pada Sang Maha Kuasa pada tiap karyanya, dalam durasi waktu satu bulan penuh.



Ramadhan (sekali lagi) memang bulan penuh berkah, semua bersuka cita, semua menggaungkan dan mengagungkan nama Sang Pencipta, semua berbuat baik kepada sesama, semua bertemakan agama, semua berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan yang terpublikasikan. Sungguh indah ramadhan, semoga momen ini bukan hanya sebuah komoditas ekonomi dengan embel-embel agama.

0 komentar:

Posting Komentar