16 Des 2015

Keos a.k.a Chaos \m/ (Makrab 2015)

Kamis 12 November 2015, itulah malam dimana kami maba Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga untuk pertama kalinya menghelat sebuah acara di parkiran Gedung B Unair, katanya sih acaranya keren, betapa nggak keren? kami bikin acara yang tajuknya "MAKRAB 2015" yaitu malam keakraban dengan dresscode Retro Style yang dihadiri
oleh semua angkatan aktif Commers Universitas Airlangga (commers : sebutan untuk mahasiswa prodi komunikasi). Untuk kami yang ukurannya masih maba ya jelas acara ini keren (subyektif banget sih haahaha) karena di acara ini kami bisa mewadahi kakak-kakak tingkat juga temen-temen seangkatan dalam satu acara. Nah, acara yang menurut kami sendiri keren ini sebenernya sarana untuk apresiasi kemampuan bermusik mahasiswa prodi komunikasi Universitas Airlangga, bagaimana tidak? dalam rundown acara yang dimulai pukul 18.00 sampai pukul 22.00 ini  isinya adalah penampilan band semua! Kerennya lagi, di acara ini kita nggak mengkotak-kotakkan genre musik loh, ada band-band yang akustik, pop, punk, pop punk, punk rock, rock, hingga yang paling cadas yaitu metal.

Malam itu, tak peduli entah dari angkatan 2011, 2012, 2013, 2014 ataupun 2015 seakan menjadi semakin akrab, mulai nyanyi-nyanyi bareng hingga moshing berjamaah,. Pada awal-awal acara kami dari panitia menyuguhkan beberapa penampilan dari band-band akustik dan pop terlebih dahulu, salah satunya adalah band akustik legendaris Commers, yaitu Alepak (sapa sih anak kom unair yang gak kenal Alepak? Kalo ga kenal, kamu pasti gak pernah ikut BSK coy). Setelah beberapa band dengan aliran "lembut" telah menampilkan kemampuan terbaiknya, tibalah saatnya band-band beraliran cadas mulai unjuk gigi. Dimulai dari band saya sendiri yang sepakat dinamai Toko Jaya Abadi :'D (ini nama yang diberi oleh Mas Jemblung Komunikasi 2011). Sebelum tampil, kami para personil band Toko Jaya Abadi harus terlibat cekcok terlebih dahulu sebelum menuju stage dikarenakan gitaris kami yang bernama Gio merasa canggung dan tidak siap untuk tampil. Saya dan Boy (vokalis) sempat kelabakan membujuk Gio agar mau segera menuju stage. Hingga kurang lebih 5 menit percekcokan berlangsung, akhirnya Gio menghendaki untuk tampil "seadanya" (Alhamdulillah gak jadi malu wkwkwk). Malam itu kami membawakan 2 buah lagu yaitu Anugerah Terindah milik Sheila On 7 dan Waktuku Mandi karya Jamrud. Saat lagu pertama kami bawakan, suasana masih tenang-tenang saja diiringi teman-teman yang ikutan nyanyi, tapi itu tak berlangsung lama! ketika kami mulai membawakan lagu Waktuku Mandi, suasana tiba-tiba menjadi keos! kacau! semua penonton tiba-tiba beranjak dari duduknya dan melakukan moshing (ini sisi kerennya, bahkan para maba putri berhijab pun melakukan moshing.wkwkw), saya, Gio dan Boy merasa kaget akan kejadian tersebut, ahaahah malam itu kami dijuluki "biang keos".

Seusai penampilan Toko Jaya Abadi, band-band cadas dari kakak tingkat juga turut meramaikan suasana yang sudah keos. Kami saling menghantamkan tubuh satu sama lain tiap kali musik keras dimainkan, tak peduli teman atau kakak tingkat, kami tidak diperbolehkan merasa marah saat tubuh kita merasakan hantaman demi hantaman keras. Satu lagu yang paling terngiang malam itu, ada salah satu band dari kakak tingkat 2011 yang membawakan lagu Ini Bukan Arab, Bung karya band punk Milisi Kecoa, bagaimana tidak terngiang? liriknya ngena banget menurut saya, buat yang belum tau lagu dan liriknya, nih tak kasih link video sama liriknya :

Ini Bukan Arab, Bung. Youtube

“Kau paksakan budaya, tapi kita bukan di Arab di jaman nabi
Cepatlah kau mati, tagih pahalamu disurga
Surgamu nerakaku
Ini bukan arab, bung. Bukan!” – “Ini Bukan Arab, Bung!”, Milisi Kecoa
Kenapa lagu ini ngena buat saya? mending ngomong langsung aja ya wkwk.
Pokoknya malam itu menjadi malam yang menarik bagi kami semua warga komunikasi Universitas Airlangga, mulai dari band-band yang bermain, lagu-lagunya, hingga suasana moshing yang bener-bener keos! \m/ See you on MAKRAB 2016!
NIH ADA FOTO-FOTO NYA

Ini pas saya pembukaan selaku wakil ketua panitia



















Dari: Surabaya, Surabaya City, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar